Fadli Nilai Pemerintah Gagal Lindungi Rizieq di Arab Saudi

Fadli Nilai Pemerintah Gagal Lindungi Rizieq di Arab Saudi

Fadli Nilai Pemerintah Gagal Lindungi Rizieq di Arab Saudi


BANDAR DOMINO-Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menilai pemerintah Indonesia telah gagal melakukan diplomasi untuk melindungi Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang saat ini masih kesulitan untuk kembali ke Indonesia dari Arab Saudi. Sebab permasalahan Rizieq di Arab Saudi tak kunjung selesai hingga sekarang.

"Berlarut-larutnya kepulangan Habib Rizieq dari Arab Saudi ke Indonesia, menurut hemat saya, mengindikasikan kegagalan diplomasi pemerintah dalam melindungi seluruh bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, sebagaimana yang diamanatkan oleh konstitusi," kata Fadli 

Lebih lanjut, Fadli menilai Rizieq mempunyai hak yang melekat untuk mendapatkan perlindungan dari pemerintah Indonesia. Sebab Rizieq sendiri masih berstatus sebagai warga negara Indonesia yang hak-haknya dijamin secara hukum nasional maupun hukum internasional.

AGEN DOMINO- Fadli lantas menyebut Konvensi Wina tahun 1961 dan tahun 1963 yang mengatakan bahwa negara berkewajiban untuk melindungi warganya yang tinggal di luar negeri. Tak hanya itu, terdapat Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pelayanan Warga Pada perwakilan RI di Luar Negeri turut memberikan jaminan hak tersebut.

"Tapi negara abai terhadap hak warganya dan cenderung membiarkan masalah ini berlarut-larut. Padahal sejumlah pejabat tinggi penegak hukum dan intelijen RI sudah beberapa kali menemui Habib Rizieq beberapa tahun belakangan ini," kata dia. BANDAR POKER

Melihat hal itu, Fadli menilai pemerintah untuk memulangkan Rizieq ke tanah air seharusnya bersifat imperatif. Hal itu bertujuan sebagai bukti kehadiran negara dalam melindungi warga negara di luar negeri.

BANDAR CEME- Akan tetapi, Fadli memandang pemerintah kerap berlindung di balik alasan sikap anti-intervensi terhadap kebijakan negara lain dalam kasus pemulangan Rizieq tersebut. Menurutnya pandangan anti-intervensi pemerintah itu patut diluruskan.

Ia menyebut diplomasi perlindungan terhadap warga negara berbeda dengan sikap intervensi. Diplomasi perlindungan, kata dia, dilakukan melalui upaya negosiasi yang sifatnya persuasif, bisa dilakukan secara terbuka ataupun tertutup.

"Dan upaya tersebut tidak bisa disamakan dengan tindakan diplomasi offensive, apalagi dipandang sebagai tindakan yg mengintervensi urusan negara lain," kata dia. AGEN POKER

Lebih jauhh Fadli memandang upaya negosiasi suatu negara dalam memulangkan warga negaranya sudah wajar dilakukan dalam diplomasi internasional selama ini. Ia mencontohkan pemerintah Amerika Serikat pernah mengutus mantan Presiden Bill Clinton untuk bernegosiasi dalam pembebasan dua wartawan AS, Euna Lee dan Laura ling, yg ditahan oleh pemerintah Korea Utara pada tahun 2009 lalu.

AGEN CEME- "Saya mendorong agar sikap pemerintah segera dikoreksi. Harus pro aktif dan lebih progresif," kata Fadli.

Sebelumnya, Duta Besar Arab Saudi Isham Ahmad Abid Ats-Tsaqafy menyatakan pejabat tinggi Indonesia dan Arab Saudi saat ini tengah menegosiasikan kejelasan nasib Rizieq.

Pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD sebelumnya menyatakan tidak pernah mencekal Rizieq Shihab. Mahfud menjelaskan pencekalan gugur jika dalam waktu enam bulan pihak yang dicekal tak dibawa ke pengadilan.

Comments

  1. ngobrol games is an updated Indonesian news site which provides information on news, sports, guides, buildings and varied review of Android and PC games. Game information is updated. The newest technical advances are also discussed. Our major goal is to continue producing excellent gaming material and articles that are beneficial to visitors. We collect all information from numerous sources on this website. We evaluated a few games for an unbiased assessment. For the time being we are primarily focused on Android games game sorbit.

    ReplyDelete
  2. This is a very useful and important information, it was so useful to me and other readers, thank you for always feeding the readers with interesting and useful information, your blog is indeed doing very well, weldone, meanwhile you can checkout...kenpoly pre ND portal

    ReplyDelete

  3. Eco-Friendly Custom Pizza Boxes – Maintaining Health Standards is Our Top Priority! At Silver Edge tie packaging we ensure to maintain health standards. For this purpose, we provide custom pizza packaging boxes that are eco-friendly.

    ReplyDelete

Post a Comment