Sesak Napas, Penumpang AirAsia Dibawa ke RSUP M Djamil Padang

Sesak Napas, Penumpang AirAsia Dibawa ke RSUP M Djamil Padang

Sesak Napas, Penumpang AirAsia Dibawa ke RSUP M Djamil Padang

Seorang penumpang AirAsia rute kuala Lumpur -Padang Peariaman dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat M. Djamil, Padang. Penumpang laki-laki berusia 4 tahun itu mengalami sesak nafas di Bandara Internasional Minangkabau.

Manager Umum PT Angkasa Pura II BIM, Yos Suwagiyono, menceritakan bahwa petugas bandara mencurigai penumpang itu terinfeksi Covid-19.

Suhu badan penumpang. kata Yos. mencapai 36.6 derajat selsius melewati alat pemeriksaan suhu tubuh. Kepada petugas, penumpang itu mengaku sudah tiga hari sesak napas kepada petugas yang memeriksanya.

"Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan di BIM langsung mengisolasi dan memwawancarai penumpang itu, lalu merujuknya ke RSUO MDjalil." kata Yos, senin(16/3).

Belum ada keterangan resmi dari AirAsia berkaitan dengan peristiwa di Bandara Internasional Minangkabau itu.

Menurut Yos, tiga baris penumpang yang duduk berdekatan dengan penumpang yang terindikasi juga sudah diperiksa itu.

Menurut Yos, tiga baris penumpang yang duduk berdekatan dengan penumpang yang terindikasi juga sudah diperiksa.

"Mereka dipulangkan dan dinyatakan sebagai orang dalam pemantauan," ujar Yos.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, penumpang pesawat AirAsia tersebut berasal dari Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Ia pergi ke Malaysia untuk bekerja pada 14 Februari 2020, dan kembali ke Indonesia hari ini melalui BIM.

Yos mengatakan pihaknya hanya mencurigai penumpang itu terinfeksi Covid-19 karena untuk memastikan seseorang terinfeksi virus itu harus melalui pengecekan laboratorium terhadap darah. 

Pemeriksaan darah itu hanya bisa dilakukan di Jakarta, dan hasilnya harus disampaikan resmi oleh pihak yang kompeten.

Yos menambahkan bahwa setelah kejadian itu ruangan kedatangan internasional BIM disterilkan dengan cairan disinfektan untuk mematikan Covid-19 dan mengantisipasi penyebarannya.

Comments