Kedubes Saudi Mengaku Tidak Mengetahui Tentang RI Meminta Rizieq Dicekal


Kedubes Saudi Mengaku Tidak Mengetahui Tentang RI Meminta Rizieq Dicekal


BANDAR DOMINO- Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia mengakui belum menerima informasi dari Riyadh bahwa memerintah Indoneisa telah meminta pencekalan terhadap Imam Besar Fron Pembela Islam (FPI) Rizoeq Shihab.

" Kami belum menerima indormasi resmi apa pun terkait hal itu.," Kata kepala bagian Media dan Pres Kedubes Saudi di Jakarta, Fawaz Abdullah Althaymin, kepada wartawan saat di wawancarai.

Pernyataan itu diutarakan Fawaz ketika dimintai konfirmasi mengenai klain Rizieq yang menyatakan bahwa pemerintah Indonesia telah meminta Saudi Mencegahnya pulang ke indonesia.

Dalam video yang diliris di akun youtube Rizieq bahkan menunjukan bukti yang dia klaim sebagai surat  pencekalan dari pemerintah Indonesia. Surat itu di sebebut di tunjukan kepada pemerintah Saudi.

AGEN DOMIN- Rizieq menuturkan surat itu merupakan aladan mengapa ia tidak  bisa pulang setelah tinggal di Saudi selama dua tahun lebih dan menghindari proses hukum ang menjeratnya di Indonesia.

Secara terpisah, Duta Besar Saudi di Jakarta, Esam A, Abid, menuturkan bahwa Rizieq memang sudah tidak memiliki uzin tinggal  sah di negara kaya minyak sejak tahun Juli 2018 lalu. 

Bersarkan aturan imigrasi Saudi, Riziq bisa terancam hukum enam bulan penjara dan denda 50 ribu riyal atau setara Rp194 juta karena izin tinggal kadaluarsa.

Setiap warga Asing atau ekspatriat yang melanggar izin tinggal di negara itu bisa dikenai denda 10 ribu riyal dan deportasi dan kurungan penjara 6 bulan penjara jika diikuti tiga atau lebih pelanggaran keimigrasian lainnya.

BANDAR CEME- Selain denda rizieq juga terancam dideportasi. Sebelum dideportasi, para pelanggar keimigrasian Saudi juga harus lebih dulu menghadiapi penahanan di penjara sambil menunggu persidangan keimigrasian dan proses pemulangan.

AGEN CEME- Pelanggar izin tinggal Saudi pun terancam dilarang masuk kembali ke negara tersebut selama 5-10 tahun, hingga seumur hidup untuk kasus tertentu.

" Sebelumnya, kami tidak lebih dari itu. Yang tahu betul status(Rizieq) itu KBRI di Riyadh," kata Esman dlam jamuan makan malam pemimpin redaksi media Indonesia kediamannya di jakarta.

Sementara itu, Direktorat Jendral Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM menepis penyataan Rizieq Shihab soal surat pencekalan dari pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi.

Kepala Sub Bagain Humas Ditjen Imigrasi Sam Fernando mengatakan. hingga saat ini pihaknya belum menerima surat permohonan penangkalan Rizikutnuk masuk ke Indonesia.

BANDAR POKER- Sesuai ketentuan, penerbitan surat penangkapan baru dapat dilakukan atas permohinan instansi maupun penegak hukum lain.

Comments