Maman Imanulhaq Klaim PKB Mendapat Jatah 4 Kursi Menteri

Maman Imanulhaq Klaim PKB Mendapat Jatah 4 Kursi Menteri


Anggota Dewan Suryo Partai Kebangkitan Bangsa Maman Imanulhaq mengusulkan tes tentang kebangsaan dan ideologi Pancasila tidak hanya diterapkan dalam seleksi calon pegawai negri sipil atau aparatus sipil negara(ASN), tetap juga terhadap pegawai perusahaan BUMN.

Hal itu ia sampaikan menanggapi kabar Densus 88 Mabes Polri  menangkap seorang pegawai perusahaan BUMN PT Krakatau Steek terkait kasus terorisme.

"Mengatasipasi paham radikal dan teror masuk di ASN atau BUMN memang perlu ada seleksi yang ketat bagi siapapun yang mau masuk BUMN, ASN termauk dites bagaimana komitmen kebangsaannya soal ideologi pancasil soal NKRI," Kata Maman kepada wrtawan,jumat.

Tak hanya itum Manan menganggap perlu dilakukan pembinaan secara simultan di masjid-masjid dalam kompleks perusaan BUMN saat ini.

Merujuk hasil reset Perhimpunan Pengembangan Persanten dan Masyarakat(P3M) dan Rumah kebangsaan. ada 41 Masjid di lembaga negara terbesar di Jakarta terakreditasi tepapar paham radikal. Sebanyak 37 di BUMN turut termasuk di antaranya.

Melihat hal itu, Maman mengatakan masjid-masjid BUMN perlu dipegang dan diurus oleh pejabat eselon II atau setingkat direktur sebagai penanggung jawab utamanya. Menurutnya, saat ini kondisi di masjid-masjid BUMN hanya dipegang oleh pihlah yang atau memiliki jabatan startegi sehingga sangat membahayakan.

"Supaya bisa terlihat kalau ada masjid mengajarkan paham radikal terorisme dan sebagainya itu tinggal dipertanggungjawabkan adalah direktur tersebut," kata Maman.

Maman turut menyarankan agar pemerintah rutin mengundang tokoh-tokoh agama yang berhaluan Isalam  moderator di masjid-masjid. Itu perlu dilakukan dalam upaya pembinan sistematis agar para pegawai BUMN tak terpapar raikalisme lewat ceramah yang didengarkannya.

"Jangan sampai terjadi pembiaran dibeberapa BUMN termasuk dikemenkeu dan juga beberapa kementrian yang dibiarkan yang dibiarkan kelompok radikal itu menguasai beberapa teman, apalagi kalo menjalar ke TNI dan Polri,"kata dia.

Pemerintah ingin menangkal penyebaran paham radikalisme di lingkungan ASN. Terbarum seleksi CPNS bakal disertai tes tentang komitmen kebangsaan.

Pemerintah juga berencana memantau aktivitas PNS di media sosial.

Masih Berkembang dengan radikalisme, terjadi bom bunuh diri di mapolrestabes medan, Sumatera Utara. Termutahir, densus 88 Antiterir menangkap seorang pegawai PT krakatau Steel pada Rabu(13/15).

Sekertaris perusahaan Krakatau Steel, Pria Utama mengatakan pegawai yang ditangkap merupakan staf supervisor di perseroan. Bukan petinggi atau di level menejeman.

"Managemen mendukung langakah-langkah yang dulakukan oleh aparat hukup dalam eangka memerangi terorisme di Indonesia, tutur Pria.

Comments