Sertifikasi Siap Kawin Mestinya Grati


Sertifikasi Siap Kawin Mestinya Grati


AGEN POKER- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia  dan Kebudayaan( Menko PKM) Muhadjir Effendy menyatakan sertifikasi persiapan perkawinan berupa kelas atau bimbingan pernikahan untuk setiap pasangan tak di pungit biaya alias gratis.

Progaram ini rencananya akan mulai diterapkan pada 2020 di seluruh indonesia dan berlaku untuk semua pasangan.

" mestinya gratis. Iya lebih sempurnakan, melibatkan kementrian yang kita anggap relevan." katanya dikopleks Istana Kepresidenan.

BANDAR POKER- Dia mengatakan pemerintah ingin memberikan pendididkan pernikahan kepada setiap pasangan yang ingin berumah tangga. Materinya antara lain tentang ekonomi keluarga, kesehatan reproduksi, dan masalah lain yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga.

"Termasuk ini untuk menekan angka perceraian segala itu lho,"ujarnya.

Ia menyebutkan pasangan yang belum mengetahui kalas pernikah tak bisa mendaftarkan.

"Pokoknya dia harus ikut pelatihan atau pendidikan atau khusus, apa lah namnya pranikah. Apa perlu sertifikat atau tidak itu soal teknis. yang penting bahwa merea harus ada semacam program perjalanan pernikahan," tutue Muhadjir.

AGEN CEME- Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan kelas pernihakan sebelumnya sudah dijalankan oleh penganut agama Katolik. Selain itu, kata Muhadjir, Muhammadiyah dan NU juga sudah menerapkan peatihan pranikah.

" Tapi ini mau sayan harus lebih masif, berlaku sifat harus wajib, " Katanya.

Sementara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati menyatakan kelas pernikahan juga salah satunya untuk mencegah Kementrian Kesehatan, dan Kementerian PPPA.

" Itu baru rencangan, nanti kami sampaikan setelah pasti. Supaya tidak salah info," Ujarnya.

Bintang menyebut program kelas pranikah mulai berjalan pada tahun depan. Namun, ia belum bisa berbicara anyak karena harus berkoordinasi dengan Muhadjir dan sejumlah mebteri terkait.

" Kartu mungkin kita dikejar cepat Pak Presiden, mugkin tidak menunggu tahun. ya pasti tahun depan. tahun depan masu dua bulan lag," lanjutnya.

Program ini rencananya akan di mulai dirapatkan pada 2020 di seluruh Indonesia dan berlaku untuk semua pasangan.

" Kalau bisa tahun depan2020 sudah dimulai ( program sertifikasi kawin),ujar Muhadjir.

BANDAR CEME- Muhadjir menjelaskan sertifikasi ini nantinya akan dibuat dengan sistem pelatihan hal ini, kata dia, sudah dicotohkan bagi pasanagn beragama katolik yang dijalankan minimal tiga bulan.

Saat pelatihan itu dilaksanakan. lanjutnya, kedua pasanagn betul-betul mempersiapkan diri untuk menjalankan kehidupan rumah tangga dengan pasangannya. Keduannya akan dulatih bahagia pengetahuan, termasuk soal mengelola emosi dan lain lain.

" Untuk masyarakat bahwa dia memang sudah cukup menguasi bidang-bidang pengetahuan yang dumiliki itu harus diberikan sertifikasi," kata Muhajir.

BANDAR DOMINO- Dia juga menyebutkan soal serifikaisi kawin ini nantnya akan dikelola oleh kementrian agama dan kementrian kesehatan. Sebab kedua lembaga ini berperan penting dalam kehidupan manusia berikutnyayang akan dihasilkan melalui hubungan prnikahan.

Kementrian kesehatan kata dia. berperan memberi tahu soal kesehatan dan berbagai penyakit yang mungkin bisa membahayakan bagi pasangan suami istri hingga tak bisa melahirkan anak yang sempurna.

AGEN DOMIN- Sementara, Kementrian agama memang memiliki domain untuk mengurusi soal pernikahan masyarakat Indonesia.

" Nanti akan saya bicarakan dengan menteri agama dan menteri kesehatan. Karena titik awalnya harus dari situ. karena kalau sudah cacar lahir, cacat dalam kandungan, nanati untuk intervensi berikutnya itu tidak bisa melahirkan generasi anak yang betul-betul normal,"kata dia.

"Mereka kan akan melahirkan anak yang akan menerukan masa depan bangsa ini. Disitu lah informasi penyakit-penyakit yang berbahaya untuk anak, termasuk stunting segala itu harus diberikan," kata Muhadjir.

Comments